Wisata Alam Lembah Cilengkrang

Kamis, 27 Mei 2010

Wisata alam lembah cilengkrang memang bukan objek wisata baru, tetapi belum banyak masyarakat yang tahu tentang objek wiata yang satu ini.Padahal transportasi menuju ke tempat wisata ini tidaklah sulit. Bagi anda yang mempunyai hobi Hiking ataupun berkemah, maka wisata alam lembah cilenkrang merupakan pilihan yang tepat untuk menghabiskan akhir pekan anda.

Berada di ketinggian 900m di atas permukaan laut. Cuaca di desa pejambon, kecamatan Kramatmulya kabupaten kuningan dimana objek wisata ini berada terhitung sejuk. Siang hari udara berkisara antara 22-27 derja celcius sedangkan pada malam hari suhu udara bisa mencapai 17-19 derajat celcius.

Untuk mencapai ke tempat wisata ini para wisatawan dari arah cirebon terlebih dahulu harus menempuh perjalan lebih kurang 45 menit untuk sampai ke desa kalapa gunung, kemudian menuju ke desa pejambon yang mempunyai jarak lebih kurang 10 Km,
selebihnya diteruskan dengan berjalan kaki untuk bisa sampai ke objek wisata alam lembah cilengkrang. Bagi anda yang membawa kendaraan sendiri janga khawatir karena masyarakat setempat sudah menyiapkan tempat parkir untuk kendaraan para wisatawan.

Ada empat lokasi wisata yang bisa anda kunjungi di objek wisata ini yaitu kopi gede adalah kawasan hutan yang sangat cocok sekali bagi anda yang ingin mencari ketenangan, lokasi lain yaitu curug sabuk yang mempunyai ketinggian sekitar 20 m, tamapt lain yaitu curug sawer, curug sawer mempunyai ketinggian lebih kuran 75m, untuk mencapai ke curug ini para wisatawan harus berjalan kaki sekita 1 jam dengan melewati sungai dan jalan yang menanjak.

Untuk itu kondisi yang prima diperlukan untuk bisa sampai di curug sawer. sedangkan curug yang lain yaitu curug kembar yang jarak tempuhnya sekitar 1 jam dari curuk sawer. Bila ingin puas untuk menikmati ketiga curug ini disarankan untuk datang pada pagi hari atau berkemah terlebih dahulu.

Untuk yang ingin berkemah dikenakan tarif Rp. 6000 sedangkan yang tidak berkemah dikenakan tarif Rp. 4000,-. kalu beruntung pagi-pagi sekali atau pada sore hari saat cuaca cerah maka pemandangan gunung selamet di Jawa tengah bisa terlihat dengan jelas dari Lembah Cilengkrang.

Yang lebih istimewa dari objek wisata alam lembah cilengkrang adalah kerberadaan sumber air panas yang terdapat di curug sabuk. hal ini bisa dimanfaatkan untuk meregangkan otot otot yang lelah setelah melakukan perjalanan jauh.

Di Lembah Cilengkrang masih terdapat binatang kijang(mantiacaus muncak, Elang Jawa (spizeatus bartelsi), Macan Tutul, Macan Kumbang,, Surili, Lutung dan Kera.

5 komentar:

NURA mengatakan...

salam sobat
wah indah dan sejuk pastinya kalau berwisata di lembah Cilengkrang.
air terjunnya mengingatkan saya air terjun tawang mangu.

narti mengatakan...

wah...kayaknya asyik jalan kesana...masih asri sekali....

sda mengatakan...

wisata alam seperti ini yang harus dilestarikan.
semoga tetap terjaga ke asriannya.
kalau mau dibuat penginapan jgn dikasih ijin kalau lokasinya dekat dgn tempat wisatanya agar tidak merusak alamnya.

Mamah Aline mengatakan...

pasti seru jika ada kesempaatn ke obyek wisata cilengkrang, saya suka air terjunnya

portgazzubach si tinju api mengatakan...

silahkan berkunjung. kebetulan saya salah satu petugas disana.
salam kenal. ^_^