Buah Untuk Melawan Kanker

Sabtu, 15 Mei 2010

Buah mengandung banyak vitamin yang baik untuk kesehatan, selain mengandung vitamin, kandungan buah lainnya adalah air, meneral, serat, antioksidan, dan karbohidrat. Badan membutuhkan asupan air sebanyak 2 liter dalam sehari. Bila kita mengalami kesulitan minum sebanyak itu, kebutuhan akan air bisa kita gantikan dengan mengkonsumsi buah.
Vitamin dan mineral sangat dibutuhkan oleh tubuh. Buah mengandung vitamin seperti vitamin C dan E, Meneral yang terkandung dalam buah misalnya kalsium, zink, dan mangan, yang sangat dibutuhkan untuk membantu kerja sel. Badan akan terasa tidak sehat, bila kekurangan vitamin dan meneral.
Serat dibutuhkan oleh tubuh untuk pencernaan, yaitu untuk memperlancar buang air besar dan mencegah sembelit. Ada fungsi lain yang lebih penting lagi, yaitu mencegah dan meyembuhkan kanker usus besar. serat juga dapat menurunkan kolesterol dalam darah.
Antioksidan sebutan untuk zat yang melindungi anti radikal bebas. Radikal bebas muncul akibat adanya polusi, antara lain polusi asap rokok dan asap mobil. Radikal bebas yang masuk kedalam tubuh akan merusak sel dan DNA. Semakin banyak radikal bebas yang masuk semakin banyak pula sel yang rusak.

Kerusakan sel dapat menyebabkan timbulnya kanker dan penuaan dini. Nah, Antioksidan tugasnya adalah menangkal kerusakan sel dan DNA oleh radikal bebas yang sudah terlanjur masuk kedalm tubuh. Karbohidrat dibutuhkan tubuh sebagai sumber tenaga. Buah mengandung karbohidrat yang terdiri dari glukosa dan fruktosa.
Penyakit kanker selama ini menjadi momok dalam masyarakat dan menjadi salah satu sebab kematian tertinggi di Indonesia, yang ternyat dipicu juga oleh pola makan yang tidak seimbang ataupun pencemaran makanan. Buah yang berwarna orange seperti wortel dan tomat sanga membantu untuk pencegahan kanker.
Kanker itu bisa dicegah melalui pola makan yang sehat dan bergizi, yaitu dengan memperbanyak mengkonsumsi buah dan sayuran yang berwarna hijau dan orange. Untuk menambah gizi, jangan lupa untuk tetap menyantap makanan yang mengandung protein seperti ikan, daging, putih telur, susu, dan kacang kacangan. Sedangkan untuk karbohidrat dapat diperoleh dari beras, jagung, terigu, singkong, ubi jalar atau talas.
Masih belum yakin manfaat buah dalam tubuh? Kita beruntung sekali tinggal di Indonesia yang kaya akan buah buahan. Memang ada beberap buah musiman, yang hanya ada saat musimnya, tetapi lebih banyak lagi
buah yang bisa ditemukan setiap saat seperti jeruk, pepaya, atau jambu. Dibanding dengan mereka yang tinggal di daerah emapt musim. Kita harusnya mau mengkonsumsi buah setiap saat. Jadi jangan lupa menambahkan buah dalam menu makanan anda hari ini.

3 komentar:

NURA mengatakan...

salam sobat
trims sharingnya.
ternyata buah tidak hanya bervitamin saja,tetapi bisa untuk melawan kanker.

narti mengatakan...

makasih infonya ya...
untungnya suka buah dan sayur.

sda mengatakan...

yang pasti menerapkan pola hidup sehat ya.