Tips Memilih Kampus

Sabtu, 20 Maret 2010



Buat yang baru saja menyelesaikan ujian nasional, anda mungkin lagi bingung untuk menentukan Perguruan Tinggi untuk melanjutkan studi. Di Indonesia, Perguruan Tinggi Negeri memang masih menji pilihan utama, tetapi bukan berarti bahwa Perguruan Tinggi swasta kalah berkualitas dibandingkan perguruan tinggi negeri.

Berikut Tips Memilih Kampus yang harus anda perhatikan saat menentukan Perguruan Tinggi:

  •  Biaya
Saat Memilih perguruan Tinggi, anda harus menyesuaikan dengan kondisi keuangan orang tua, sebab saat memasuki dunia kampus, berbagai jenis biaya harus anda penuhi seperti biaya gedung, biaya semester, biaya ujian dan sebagainya. Belum lagi keperluan mendadak seperti biaya fotokopi, beli buku dan lain sebagainya, anda juga harus mempertimbangkan biaya transfortasi ke kampus, di tambah kalau anda harus kost karena jarak yang terlalu jauh. Diskusikan masalah biaya dengan baik bersama orang tua anda agar kuliah anda nantinya berjalan lancar.

  • Reputasi
Sebelum memutuskan untuk mendaftar ke suatu Perguruan Tinggi, sebaiknya anda cari informasi mengenai reputasi Perguruan Tinggi tersebut, tanyakan mengenai fasilita yang ada, kualita lulusan dan dosen, serta status akriditasi. yang harus di ingat bahwa gedung yang mewah dan fasilita kelas ber- AC tidak menjamin suatu perguruan tinggi punya reputasi yang baik.
  • Aktivitas / Kegiatan Mahasiswa
Informasi yang satu ini mungkin sering terlupakan dan cenderung diabaikan oleh banyak orang, kegiatan mahasiswa di sebuah perguruan tinggi dapat membantu anda dimasa depan, kuliah bukan sekedar mencari ilmu, tapi anda juga harus mempersiapkan diri untuk masuk ke dunia kerja. engan aktif di kegiatan kemahasiswaan, anda akan banyak belajar cara berorganisasi dan bekerjasama dengan banyak orang. Hal ini akan menjadi poin lebih buat kamu saat masuk dunia kerja, apalagi anda berprestasi dalam kegiatan tersebut.

3 komentar:

NURA mengatakan...

salam sobat
trims tipsnya ,,
harus lihat ke 3 nya ini ya,,
kalau memilih kampus.

secangkir teh dan sekerat roti mengatakan...

reputasi liat dari akreditasi dunk..:)

kalo bisa yang negeri saja :)

Bunga mengatakan...

Informasinya oke neh, memang memilih kampus gak boleh sembarangan ya sob. Bunga juga lagi bingung neh, kok gak ada anak kampus yang beli bunga padahal posisi sudah tetanggaan dengan kampus.