Anjuran dan Pantangan Selama Kehamilan

Selasa, 27 April 2010

Anjuran dan pantangan sebaiknya benar-benar diperhatikan pada saat seorang ibu hamil demi menjaga tumbuh kembang buah hati tercinta dilorong rahim. Apa saja pantangan ibu hamil yang harus dijauhi selama sembilan bulan kehamilan? Simak penjelasan dari Andon Hestiantoro, Sp.OG dari RSCM, tentang apa saja yang boleh dan tak boleh ddilakukan selama kehamilan

  • Memakai Sepatu Hak Tinggi

Sebaiknya ibu hamil tidak menggunakan sepatu hak tinggi terutama kehamilan melewati usia 7 bulan. Sepatu hak tinggi dapat menimbulkan gangguan keseimbangan tubuh. harus diketahui beban kehamilan yang terjadi di daerah perut ditambah dengan penggunaan sepatu hak tinggi dapat meningkatkan resiko terjatuh. Akibat terjatuh ini adalah meningkatnya trauma dalam kehamilan

Penggunaan sepatu hak tinggi juga dapat menyebabkan peregangan pada otot-otot di daerah pinggang. Wanita hamil akan lebih sering mengeluhkan rasa sakit dan pegal pada daerah pinggang(low back pain) bahkan jika kehamilan semakin membesar, bisa terjadi trauma pada otot-otot di daerah pinggang tersebut.

  •  Konsumsi Pemanis Buatan
Penggunaan gula sintetis berupa saccharine tidak dianjurkan pada kehamilan, karena gula sintetis itu dapat menembus plasenta dan memasukisirkulasi janin. Janin dapat berisiko menderita kanker kandung kemih akibat penimbunan gula sintetis tersebut dalam kandung kemih.

  • Main Kebal Kebul Asap Rokok
Merokok selama kehamilan ataupun terkena paparan asap rokok dapat menyebabkan hal buruk terhadap janin seperti keguguran, kematian janin dalam kandungan, janin cacat, pertumbuhan janin terhambat, dan masih masih banyak lagi. Peraturan dikantor harus tegas untuk mealarang karyawan/wati yang merokok berada di dalam ruangan bersama dengan wanita yang sedang hamil. Kondisi buruk janin bahkan dapat terjadi pada ibu hamil yang mengkomsumsi rokok meski dengan yang sangat minimal.

  • Menggunakan Obat Anti Nyamuk
Pengguna obat anti nyamuk, baik dalam bentuk semprot, bakar, listri maupun oles tak ada yang aman bagi kesehatan. Obat anti nyamuk mengandung bahan kimia aktif yang termasuk golongan pestisida, yang prinsipnya sangat berbahaya. Salah satunya dapat memicu kerusakan saraf.
Obat antu nyamuk semprot mengandung kerosene yang menyebabkan kerusakan ginjal janin. Obat anti nyamuk losion mengandung bahan yang korosif dan dapat diserap kulit kulit sehingga bisa menjadi racun dalam tubuh. Maka itu tidak dianjurkan penggunaannya untuk ibu hamil.

  • Menjadi Pendonor Darah
Selama kehamilan, ibu tak dianjurkan menjadi donor darah bagi kepentinagan orang lain. Asal tahu saja, ibu hamil cenderung mengalami anemia sehingga perlu darah untuk dirinya sendiri. Donor darah bisa dilakukan kembali setelah masa nifas terlampaui.

  • Minum Yang beralkohol
Kandungan alkohol terbukti dapat menimbulkan kecacatan, baik fisik maupun psikis, bagi janin dalam kandungan. Alkohol dapat menembus plasenta dan masuk kedalam sirkulasi janin. Karena fungsi organ janin masih muda, maka alkohol akan berada di dalam tubuh janin lebih lama dibandingkan pada tubuh orang dewasa, sehingga dapat menimbulkan kecacatan.

5 komentar:

phonank mengatakan...

Ternyata jadi wanita itu sulit sekali yah..?

apalagi saat hamil..

pantangannya begitu banyak, karena mesti menjaga kandungan dalam keadaan baik dalam jangka waktu 9 bulan lamanya.

fiuuuh....

salut buat para ibu2..

mundo_idiot mengatakan...

Sobat kalau mau ikutan bisnis online , harus makai account di bank ini yang aku tidak bisa ,, kira2 bagaimana ya

NURA mengatakan...

salam sobat
trims sharingnya.
iya memang kalau lagi hamil 7 bulan ,tidak dianjurkan pakai sepatu atau sendal berhak tinggi.
dicemaskan kalau jatuh...berbahaya buat siibu dan bayi dalam kandungan.

trik tips bisnis online mengatakan...

untuk mundo_idiot, bisnis online itu banyak, ada PTC, PTR, afiliate dll. masalha account itu tergantung dengan programnya sendiri, ada yang pakai account bank, payapal, alertpay, knp gak bisa? gak punya atau gmn?kalau uda ada anda gak perlu takut..insya ALLAh account anda aman

attayaya mengatakan...

begitulah
ketika hamil, banyak hal-hal yang harus dijaga
demi kesehatan ibu dan si bayi