Peluang dan Tantangan Menjadi Marketer

Kamis, 04 Februari 2010

bisnis online

Profesi marketing memang dipandang sebelah mata terutama bagi para fresh graduate. Sering kali profesi ini menjadi sesuatu yang sangat menakutkan untuk menjalaninya. Mungkin anda sudah bosan mendengar kata "tak kenal maka tak sayang".
Sebelum mendalaminya, alangkah baiknya kita mengetahui difinisi dari marketing itu sendiri, dan kita harus bisa membedakannya antara marketing dan sales.
Marketing adalah suatu bentuk kegiatan penjualan dimana bentuk kegiatan ini dilakukan oleh semua pihak di suatu perusahaan. Sedangkan sales adalah suatu bentuk kegiatan penjualan atau menjual produk yang ia bawa an merupakan bagian dari marketing.
Dalam pekerjaannya melibatkan semua pihak artinya semua bagian alam perusahaan ikut terlibat untuk memperkenalkan atau menjual produk yang diluncurkan contoh melakukan promosi, kesimpulannya orang orang diperusahaan tersebut merupakan bagian dari proses marketing.

Pada umumnya marketing itu selalu dijadikan objek pekerjaan yang negatif. Padahal sebetulnya inti dari semua pekerjaan adalah bersipat menjual (marketing), entah itu dalam bentuk Tenjible (betul-betul produk nyata berupa produk yang ditawarkan) maupun intenjible (tidak kelhatan produk yang ditawarkannya) seperti produk jasa perbangkan maupun asuransi.
Perlu diingat seorang marketer merupakan tulang punggung perusahaan, jika dalam suatu perusahaan tidak ada orang-orang marketer, maka bisa dipastikan perusahaan tersebut tidak akan bisa berkembang.
Jika anda punya keinginan untuk menjadi seorang marketer maka cobalah pertama kali pekerjaan yang intenjible, karena dari situ anda dapat mengukur kemampuan penjualan tanpa adanya produk nyata yang harus ditawarkan, sekaligus mengukur kemampuan komunikasi anda kepada konsumen.
Ruang lingkup pekerjaan marketing pun tidak lepas ari unsur 4P antaranya:

  • Price (harga) harga suatu produk berpengaruh besar, apalagi dalam kondisi masyakat seperti sekarang ini, harga harus betul-betul kompetitif.
  • Place (tempat) dari sinilah orang bisa melihat bahwa perusahaan itu memang benar-benar ada, dan lokasi yang strategis akan membuat orang (konsumen) lebih cepat mengetahui bahwa perusahaan itu ada.
  • Promotion yaitu bentuk kegiatan memperkenalkan prouk pada konsumen dalam hal ini adalah masyarakat umum,promosi bisa dilakukan dengan beberapa cara melalui iklan di media cetak ataupun elektronik.
  • Product yang memang sedang atau akan ibutuhkan oleh masyarakatpaa umumnya menjadi satu bagian yang akan berpengaruh besar terhadap kelangsungan perusahaan.
Keuntungan menjadi seorang marketer tentu saja tidak diperoleh secara instan perlu kerja keras untuk meraihnya,  perlu diketahui seseorang yang menduduki satu bagian penting dalam perusahaan biasanya mengawali karirnya dari sebagai marketer.
Keberhasilan seorang marketer memang diawali dari dirinya sendiri yaitu harus memiliki sifat yang mau maju ddimana orang itu adalah ornag yang mempunyai sifat inovatif dan bisa menyampaikan informasi kepada orang lain dengan sempurna, OK..mudah-mudahan informasi ini bisa merubah cara pandang kita terhadap seorang marketer.Karena Peluang dan Tantangan Menjadi Marketer kedepan sangat cerah dan cukup menjanjikan

7 komentar:

HAPIA Mesir mengatakan...

pertamaxxxx. thanks atas infonya sob

Artikel Agama mengatakan...

makasih postingannya sobat. sangat bermanfaat.

NURA mengatakan...

salam sobat
wah sip banget kalau jadi seorang Marketer ya ,,
pertama kali harus mencoba pekerjaan yg intenjiblenya ya,,dan harus mengetahui ruang lingkup pekerjaaan marketingnya.

sinjay school mengatakan...

Ini merupakan pertama kalinya saya berkunjung ke blog ini, salam kenal By Sinjay School

attayaya mengatakan...

semua pekerjaan adalah tantangan dan semuanya patut dihargai
hidup marketing!!!

Gravisware mengatakan...

mantap bang.. semua bisnis memang pada awalnya adalah marketing.. sangat setuju dengan hal ini.. ^^

Obat Wasir mengatakan...

kenapa kemaluan keluar nanah kemaluan pria keluar nanah keluar nanah pada kemaluan wanita alat kelamin pria keluar nanah alat kelamin keluar nanah obat alat kelamin keluar nanah keluar nanah dari vagina kemaluan keluar cairan nanah penyakit kemaluan keluar nanah alat kelamin mengeluarkan nanah obat nanah keluar dari kelamin kenapa penis keluar nanah Penyebab penis keluar nanah