Simpanan Orang Kaya di Bank Melonjak

Jumat, 22 Oktober 2010

Data distribusi simpanan per September berdasarkan nominal simpanan yang dipublikasikan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS),  menunjukkan terjadi kenaikan simpanan masyarakat pada segmen nominal di atas Rp 5 miliar dengan kenaikan sebesar Rp 33,88 triliun.

Simpanan jenis ini biasanya berasal dari nasabah kalangan masyarakat yang mampu secara ekonomi. Sementara simpanan untuk segmen di bawah Rp 100 juta tidak mengalami perubahan.

Namun, ditinjau dari segi jumlah rekening, seluruh segmen simpanan mengalami kenaikan, dan kenaikan yang sangat tajam terjadi pada segmen simpanan Rp100 juta ke bawah dengan kenaikan sekitar 1 juta rekening.

Kepala Biro Humas Bank Indonesia Difi A Johansyah ketika dikonfirmasi soal itu mengatakan, kemungkinan melonjaknya dana dan rekening nasabah karena masyarakat kembali menabung ke bank usai Lebaran.


"Kalau tabungan, karena itu dari masyarakat bisa jadi karena efek setelah Lebaran orang mulai nabung kembali," kata Difi hari ini.

Diduga, kenaikan simpanan di bawah Rp 100 juta ini juga karena perbankan nasional yang menggalakkan program "Tabunganku" yang diluncurkan beberapa waktu lalu oleh Bank Indonesia.

Program ini menarik minat masyarakat menabung karena menawarkan program tabungan tanpa biaya administrasi.

Sementara itu, dari distribusi simpanan yang dikelompokan berdasarkan jumlah simpanan sampai dengan Rp 2 miliar dan di atas Rp 2 miliar dapat diperoleh distribusi simpanan berdasarkan nominal yang dijamin yaitu sebesar Rp 1.121,12 triliun untuk seluruh simpanan yang jumlahnya kurang dari atau sama dengan Rp 2 miliar dan sebesar Rp 201,49 triliun.

Ini merupakan proporsi yang dijamin (Rp 2 miliar) dari seluruh simpanan dengan nominal di atas Rp 2 miliar, berdasarkan hal tersebut, jumlah simpanan yang dijamin oleh LPS pada bulan September 2010 menjadi sebesar Rp1.322,61 triliun.

Jumlah tersebut mengalami kenaikan sebesar Rp 22,53 triliun dibandingkan dengan bulan Agustus 2010 yaitu sebesar Rp1.300,08 triliun.

Kini, jumlah dana nasabah di perbankan mencapai Rp 2.170,41 triliun. Kenaikan dana nasabah kaya juga membuat jumlah rekening simpanan yang dijamin LPS mengalami kenaikan

0 komentar: